Berita & Artikel

Mengenal Manfaat Biji Nangkaaaa

Posted 06.05.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Food & Beverage

Biji nangka yang tersisa usai mengkonsumsi buahnya tidak lantas dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan. Biji nangka kaya akan manfaat didalamnya yang belum terlalu umum diketahui, meski ada sebagian yang telah lama mengkonsumsinya. Mari mengenal manfaat biji nangka serta cara pengolohannya. Umumnya, biji nangka dapat direbus hingga kulitnya lebih kecoklatan. Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam biji buah nangka ;

- Melawan keriput
Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji nangka bisa melawan penuaan di wajah. Campurkan saja biji nangka dengan susu dingin, kemudian hancurkan biji hingga halus dan ratakan pada wajah. Jika dilakukan rutin, keriput di wajah pun akan berkurang.

- Mencegah konstipasi
Makan biji nangka secara rutin akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan kaya seratnya akan mencegah konstipasi. Biji nangka juga dapat dimanfaatkan dalam upaya pengeluaran racun atau detoks dari tubuh.

- Membersihkan noda pada kulit
Siapa sangka biji nangka bisa membuat kulit lebih mulus? Campurkan biji nangka kering ke dalam susu dan madu. Setelah beberapa waktu, hancurkan biji menjadi pasta dan ratakan pada kulit yang bernoda, setelah kering, bilas dengan air bersih.

- Mengatasi stres dan penyakit kulit
Diketahui tinggi protein dan mikronutrien lainnya, biji nangka pun baik digunakan sebagai bahan terapi penyakit kulit dan mengatasi stres. Rutin makan biji nangka juga menjaga kulit tetap lembab alami.

- Memberikan volume pada rambut dan mencegah rambut rontok
Biji nangka memiliki manfaat besar terhadap menjaga aliran darah tetap baik. Sementara aliran darah yang baik diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Ditambah lagi, makan biji nangka juga baik untuk menjaga kadar gula darah karena kaya akan mangan dan terdapat kandungan vitamin A yang menjaga penglihatan. Namun tak hanya itu, vitamin A yang berasal dari biji nangka juga berfungsi untuk melawan kerontokan rambut.

- Mencegah anemia
Biji nangka mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghindari anemia.

Berbagai manfaat biji nangka diatas semoga menambah wawasan akan kesehatan dan kita dapat mengoptimalkan pemanfaatan buah nangka yang dikonsumsi. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya